Tebas Tuntas Literasi Inggris di SNBT

    Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan Bahasa Inggris telah masif di semua sektor dan lini kehidupan. Tak ayal, Bahasa Inggris kini menjadi salah satu bahasa internasional. Mata pelajaran Bahasa Inggris pun disertakan pada kurikulum pendidikan terkhusus pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).
   Hingga pada akhirnya, kemampuan Literasi Bahasa Inggris menjadi salah satu yang dujikan dalam tes skolastik UTBK-SNBT 2024. Namun pada kenyataannya, sayang sekali masih banyak ditemui murid yang masih menemui kesulitan dan tidak dapat enjoy dalam belajar Bahasa Inggris. 
    Tapi tenang saja bahwa belajar Bahasa Inggris itu tidak semenakutkan dan sesulit itu, apabila kita tahu caranya! Berikut ini beberapa cara untuk kamu yang mau meningkatkan kemampuan literasi Bahasa Inggris. Tentu saja, beberapa cara ini akan terasa sama saja apabila tidak dibarengi dengan konsistensi dan usaha.
  1. Cara yang pertama dan kebanyakan orang suka adalah mendengarkan lagu. Carilah liriknya dalam setiap lagu Bahasa Inggris yang kamu dengar, lalu tuliskan vocabulary (kosakata) yang kamu baru saja temui dan catat dalam note di ponsel disertai dengan arti dan sinonimnya!
  2. Rajinlah membaca teks atau artikel Bahasa Inggris. Kebanyakan teks yang muncul dalam soal UTBK_SNBT 2024 adalah jenis teks riset atau berita yang jarang dipelajari ketika di sekolah. Maka dari itu, membiasakan diri membaca artikel Bahasa Inggris akan sangat membantu. Tentu saja, vocabulary akan berbeda dengan teks yang biasanya ditemui di sekolah.
  3. Menggunakan aplikasi DuoLingo. Sebetulnya, banyak aplikasi Bahasa Inggris yang beragam namun dengan banyak fitur yang menyenangkan.Namun, kali ini DuoLingo menjadi aplikasi yang paling sering digunakan karena mudah digunakan dan tampilan aplikasinya sangat menarik. Tentu, hal ini menjadi nilai plus apabila ingin belajar Bahasa Inggris namun dengan cara yang menyenangkan.

    Kunci dari belajar Bahasa Inggris adalah memperkaya vocabulary. Semakin banyak vocabulary yang dikuasai, sesulit dan serumit apapun teksnya akan terasa mudah untuk dipahami. Tetap semangat!

0 Comments

Leave a comment