Serba-Serbi ASPD

    Bagi pelajar jenjang SD dan SMP terkhusus yang belajar di Daerah Istimewa Yogyakarta pasti sudah tidak asing dengan ujian ASPD (Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah). ASPD adalah satu instrumen pengukuran yang digunakan untuk melihat kemampuan akademis peserta didik pada tingkat akhir jenjang SD/MI sederajat atau SMP/MTs sederajat.

    Ujian ASPD sendiri hanya ada di DIY sedangkan daerah lain tak menyelenggarakannya. "Sudah berjalan tiga tahun setelah pertama kali diselenggarakan pada 2021 lalu karena UN telah dihapus," jelas Didik yang dikutip dari Harianjogja,com

    Lebih lanjut Abdul Fikri menambahkan sistem ASPD ini bisa menjadi contoh untuk digunakan si seluruh Indonesia dan dapat menjadi salah satu cara Kemendikbud mengatasi permasalahan PPDB. "Ini bisa menjadi best practice untuk Kemendikbudristek mengatasi problematika di daerah lain."

    Ujian ASPD dilakukan secara akademis dengan materi meliputi Literasi Membaca, Literasi Numerasi, dan Literasi Sains. Ujian ASPD ini tidak menjadi penentu kelulusan bagi peserta didik.

0 Comments

Leave a comment