Misteri Jalur SNBP, Begini Salah Satu Rahasianya

    Dilansir dari artikel Detik.com, beberapa ahli telah melakukan analisis pada jalur SNBP agar siswa banyak diterima di universitas yang dituju. Pihak sekolah maupun siswa tidak pernah tahu cara pasti agar siswa diterima lewat jalur SNBP. Dari pengalaman yang sudah siswa yang mendapatkan juara 1 paralel pun belum tentu diterima melalui jalur SNBP. Maka dari itu,sistem penerimaan SNBP ini kurang transparan bagi siswa dan sekolah.
    Bekti Cahyo Hidayanto dari Panitia Pusat SNPMB mengungkapkan sebelum tahun 2023 tidak ada perbandingan nilai rapor siswa dari satu sekolah dengan sekolah lain. Metode yang digunakan dalam SNBP adalah panitia memiliki indeks sekolah secara nasional yang didapatkan dari nilai UTBK 3 tahun terakhir.
    "Misal nilai 90 tapi indeks sekolah 0,5 jadinya hanya 45. Kalau dibandingkan dengan sekolah yang nilai siswanya cuma 75 tapi indeks sekolah 0,9 tetap lebih tinggi dari sekolah lainnya. Rumusan ini fair dan jelas. Terekam dan bisa di-trace," ujar Bekti. Ia menambahkan,"Bila sekarang ditemukan ada murid dari sekolah yang sama, kelas yang sama, ada yang diterima dan tidak itu bisa di-trace penyebabnya. Mungkin bidangnya beda, pakai KIP atau tidak, apalagi sekarang pakai Kurikulum Merdeka."
    Bekti memberi contoh dengan Kurikulum Merdeka misalnya rata-rata nilai mata pelajaran si A lebih tinggi dari si B. Namun A mengambil mata pelajaran yang bukan mata pelajaran utama yang disyaratkan prodi yang ditujunya pada SNBP. "Anak yang satunya atau si B justru lebih tinggi nilainya di mapel utama tersebut. Itu yang diterima," ujarnya.
    Dosen Institut Sepuluh Nopember (ITS) itu juga mengungkapkan PTN lebih memilih sekolah yang siswanya punya rekam jejak yang baik. Jika ada sekolah yang muridnya sudah diterima di PTN, tahun depan diusahakan ada siswa mendaftar di prodi dan kampus yang sama.
    "Dengan catatan, siswa yang diterima sebelumnya punya IPK baik. Begitu IPK-nya jelek maka sekolahnya akan disingkirkan oleh sekolah lain. Satu lagi, pecah telurnya sekolah masuk SNBP biasanya ada siswa dari sekolah tersebut yang diterima lewat jalur UTBK," ujar Bekti.

    Ia juga menyarankan agar sekolah mengikutsertakan muridnya pada lomba dengan kredibilitas yang baik atau lomba yang diadakan di prodi di PTN. Menurut Bekti, lomba-lomba yang digelar PTN merupakan jalur paling "sakti" agar diterima SNBP.

0 Comments

Leave a comment