Kupas Tuntas Jurusan Administrasi Bisnis

    Salah satu jurusan yang banyak diminati oleh mahasiswa adalah salah satunya jurusan Administrasi Bisnis. Meskipun demikian, mungkin beberapa diantara kalian masih menemui kebingungan pengertian dari jurusan tersebut, belajar apa saja dan yang terpenting adalah prospek kerjanya di masa depan. Pada artikel kali ini, kita akan mengulik tuntas tentang urusan Administrasi Bisnisyang sedang hits ini!

    Administrasi Bisnis atau biasa yang disebut Administrasi Niaga merupakan salah satu disiplin ilmu yang menggabungkan beberapa ilmu termasuk pemasaran, sumber daya dan ekonomi. Matematika, hukum bisnis dan etika juga dipelajari dalam jurusan ini. Hal ini membuktikan bahwa Administrasi publik akan lebih banyak mempelajari sektor bisnis dan ekonomi.

    Secara umum, yang dipelajari di jurusan Administrasi Bisnis adalah untuk mengajarkan bagaimana merencanakan bisnis secara strategis, memimpin organisasi bisnis hingga berjalan dengan baik sehingga tetap relevan dengan industri masa kini. 

    Dikutip dari Danacita, Administrasi Bisnis cocok untuk kamu yang ingin mempelajari berbagai ilmu dan kemampuan berkaitan dengan bisnis dan ekonomi.. Kamu juga akan mendapatkan pengetahuan tentang teknik manajemen modern, terlebih lagi pada era ini semua dilakukan serba online. Kesempatan karir dalam bidang ini pun luas dan banyak dibutuhkan.

    Berdasarkan Bureau of Labor Statistics (BLS), peminat jurusan Administrasi sangat dimininati dan mengharapkan permintaan tumbuh antara 7-23% antara sekarang dan 2026. Berikut contoh lulusan Administrasi Bisnis:

  • Staff Administrasi, marketing, dan HRD
  • Konsultan Bisnis
  • Management Trainee
  • Corporate Strategy Specialist
  • Entrepreneur


    Salah satu universitas yang memiliki jurusan ini adalah sebagai berikut:

  • Universitas Indonesia dengan peminat 1196 orang dengan daya tampung 27 orang. 
  • Universitas Diponegoro dengan peminat 1670 dengan daya tampung 63
  • Universitas Brawijaya dengan peminat 2364 dengan daya tampung 168

0 Comments

Leave a comment