3 Rahasia Manajemen Waktu

Cara manajemen waktu Yang Baik

Ada beberapa metode yang dapat membantu memanajemen waktu dengan baik. Yang pertama adalah, membuat deretan kegiatan-kegiatan dan mengurutkan mana yang paling penting dan mana yang kurang penting untuk dikerjakan. Mana yang harus diselesaikan secepat mungkin, mana yang tidak perlu diselesaikan secepatnya. Jika kamu tidak membuat rencana seperti ini, tugas-tugas yang ada akan menjadi ‘urgent’.

  • Setiap orang memiliki ritme dan ciri khasnya sendiri. Beberapa orang ada yang cenderung bekerja lebih baik jika saat-saat tertekan dan biasanya akan menimbulkan kreativitas di saat-saat tertekan. Ada juga orang yang bisa bekerja lebih baik jika punya waktu yang lebih lama karena akan lebih teliti dalam pekerjaannya. Jadi penting untuk mencari tahu manajemen waktu yang seperti apa dan teknik bekerja apa yang paling efektif untuk kamu dan tim kamu.

 

  • Manajemen waktu yang tepat memungkinkan kita untuk mencapai tujuan kita sehingga kita merasa bahwa kita memiliki kehidupan yang seimbang. Ada beberapa cara untuk memanajemen waktu pekerjaan, yang pertama, alokasikan 60% dari waktu untuk pekerjaan yang sudah terencana dan sisakan 40% untuk waktu yang tak terduga. Yang kedua, selalu jaga ketepatan waktu, dengan begitu akan memungkinkan kita untuk membuat rencana yang lebih efektif di masa mendatang.

 

  • Yang ketiga, bagilah aktivitas menjadi aktivitas pendek, sedang dan jangka panjang dengan indikasi waktu masing-masing. Yang keempat, rencanakan jumlah pekerjaan yang benar-benar bisa diselesaikan dalam waktu yang ditentukan. Yang kelima, pastikan untuk bekerja di tempat yang tenang tanpa ada gangguan dari luar. Jika ketika bekerja kamu mendapat banyak gangguan dari luar, tentunya akan menghambat pekerjaan atau bahkan produktivitas kamu.

Dalam sistem perencanaan atau manajemen waktu, sangat penting untuk memprioritaskan tugas-tugas yang ingin dikerjakan, tentukan dan urutkan pekerjaan sesuai dengan tingkat kepentingannya masing-masing.

sumber: https://www.gramedia.com/literasi/manajemen-waktu/

0 Comments

Leave a comment